About

Selasa, 04 Februari 2014

Wanita Bagi John Lennon




    John Winston Lennon. Ya! Siapa yang tidak kenal dengan nama tersebut? Pendiri grup band legendaris asal Liverpool, Inggris, The Beatles, yang lebih dikenal dengan nama John Lennon pernah terlahir ke dunia sebagai pemusik yang luar biasa berbakat. John Lennon yang lahir tahun 1940 merupakan sesosok yang keras dengan sisi humor yang sinis, tetapi yang menarik, dia seorang yang pencemburu.

     Sebagai musisi, penyanyi, dan pencipta lagu, John Lennon telah merasakan kesuksesan yang luar biasa atas karya-karyanya. Bersama The Beatles ia sudah banyak menciptakan lagu-lagu yang enak didengar dan menjadi hits di dunia. Di antara karya-karya besarnya bersama The Beatles, John Lennon sering menciptakan lagu bertema cinta yang diumbarnya dengan kata-kata manis dan menyentuh kepada sosok wanita. Di sisi ini, John Lennon terkesan mengagungkan sosok wanita. John Lennon dan Paul McCartney memang pasangan duet pencipta lagu di The Beatles. Keduanya bekerjasama dalam penulisan lirik-lirik manis tersebut. Di setiap lagu cinta yang dinyanyikan John Lennon, penghayatannya yang luar biasa akan lagu tersebut menambah nilai tambah bahwa sosok wanita memang sangat berharga bagi John Lennon.

     Membicarakan sosok wanita, John Lennon pernah diasuh oleh dua wanita yang berbeda. John Lennon pernah berpisah dengan ibu kandungnya yang bernama Julia saat ia masih sangat muda/balita. Ayah John Lennon yang bernama Alfred Lennon merupakan seorang pelaut yang mau tidak mau harus sering meninggalkan keluarganya. Karena sering bepergian, Julia kemudian menemukan pria lain. Karena masih sah sebagai istri Alfred Lennon, Mimi Smith (saudari Julia) mengambil hak asuh John Lennon karena tidak ingin John dirawat oleh orang yang bukan ayah kandungnya.

     Bibi John Lennon yang bernama Mimi Smith tersebutlah yang merawat John hingga dewasa. Beranjak dewasa, John bertemu kembali dengan ibu kandungnya. Ibunya jugalah yang mengajari John Lennon memainkan alat musik banjo dan kemudian gitar. Namun tidak lama setelah bertemu ibunya meninggal akibat kecelakaan. Masa lalu yang suram atas kenangannya terhadap ibunya diabadikan John Lennon dalam lagu “Mother”.

     Selain itu, sosok wanita sangat dihargai oleh John Lennon sebagai sosok yang berpengaruh besar dalam kehidupan dan juga karya-karya besarnya. Saat masih sebagai personil The Beatles, John Lennon menciptakan lagu-lagu dengan lirik gombalan terhadap kaum wanita seperti misalnya: Thank You Girl, I’ll Get You, I Call Your Name, Hello Little Girl, I Want to Hold Your Hand, Tell Me Why, I’ll Cry Instead, Anytime at all, Girl, dan lain sebagainya.

“As usual, there is always a great woman behind every idiot” - John Lennon

     Menurut pasangan duet vokal dan pencipta lagu John Lennon, Paul McCartney, John Lennon sering menciptakan lagu tentang apapun yang dirasakannya bila melakukan interaksi dengan wanita yang dicintainya. Entah itu interaksi berupa romantisme atau pun konflik bersama Chyntia Powell (istri pertama John), atau pun dengan wanita lainnya.

      Sosok sinisme dan kerasnya John Lennon ternyata dapat luntur juga. Hal tersebut dibuktikan ketika ia menjalin hubungan dengan Yoko Ono. John sangat mencintainya hingga ia pun bersedia menikahinya. Dikatakan bahwa kemunculan sosok Yoko Ono-lah yang menimbulkan keretakan hubungan antar-personil The Beatles hingga pada akhirnya bubar.

     Saat menjalani hubungan dengan Yoko Ono, John menciptakan beberapa lagu ekspretif terhadap perasaannya seperti: Woman, Jealous Guy, Ballad of John and Yoko, dan sebagainya. Yoko Ono merupakan sosok spesial di mata John Lennon yang kespesialannya dapat dinarasikan ke dalam lirik Woman. John Lennon juga seorang pencemburu. Kecemburuannya sebagai seorang pasangan dinarasikan dalam lirik Jealous Guy. Bahkan karena rasa cemburunya itu, John Lennon pernah meminta Yoko Ono untuk menuliskan daftar nama pria mana saja yang pernah tidur dengannya.

      Sosok wanita bagi John Lennon merupakan inspirasi yang luar biasa, jalan hidup (ketika lebih memilih Yoko Ono ketimbang The Beatles), motivasi, tujuan hidup, dan sosok yang sangat dihormatinya. Karya-karya John Lennon telah menjelaskan bagaimana pentingnya sosok wanita di dalam kehidupannya.

by. http://artofthinking2.blogdetik.com/2012/07/25/sosok-wanita-bagi-john-lennon/

0 komentar:

Posting Komentar